Sunday, July 28, 2013

Aktifitas Perusahaan

Jenis perusahaan menurut aktifitas perusahaan dapat digolongkan menjadi perusahaan dagang, perusahaan manufaktur, dan perusahaan jasa. Perusahaan perdagangan adalah perusahaan yang kegiatan utamanya yaitu menjalankan aktifitas jual-beli barang dagangan. Keuntungan perusahaan dagang diperoleh dari selisih antara penerimaan penjualan dengan penjualan barang dagangan. Perusahaan manufaktur (disebut juga fabrikasi) merupakan perusahaan yang aktifitasnya membuat (memproduksi) barang dan kemudian menjualnya. Aktifitas produksi dilakukan dengan mengolah bahan mentah menjadi barang jadi. Perusahaan jasa merupakan perusahaan yang usahanya (aktifitasnya) adalah memberikan jasa pelayanan pada pelanggan. Laba perusahaan harus ditanggung dalam rangka pelayanan jasa tersebut.


Baik perusahaan dagang, jasa maupun manufaktur, harus dikelola dengan baik agar perusahaan mampu berkembang. Dalam mengelola perusahaan, menejer memerlukan informasi yang bermanfaat, baik informasi mengenai aktifitas perusahaannya maupun informasi dari luar perusahaan. Informasi tentang operasi (aktifitas) perusahaan diperoleh dari sistem informasi akuntansi yang diterapkan.

Dalam mengelola perusahaan, menejer harus membuat keputusan yaitu mempertimbangkan secara hati-hati dari berbagai alternatif tindakan dan memilih tindakan terbaik untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. Sebagai dasar pembuatan keputusan, menejer memerlukan informasi yang bermanfaat, baik informasi mengenai aktifitas perusahaan maupun informasi dari luar perusahaan. Agar tugas tersebut dapat dilaksanakan secara baik, informasi yang lengkap mengenai produksi dan biaya haruslah dapat diperoleh secara sistematis

No comments:

Post a Comment